Kalau kau tak mampu menjadi jalan raya,Jadilah jalan kecil,tetapi jalan setapak yang membawa orang ke mata air.Be your self! dirimu yang terbaik.
RSS

Selasa, 15 April 2014

Tetap Lestari ya Kawah Ijenku :)

    
      Kawah ijen, merupakan daerah wisata pegunungan yang berada di kota Bondowoso. Berbagai tempat yang menarik dikunjungi ada di sekitarnya seperti pemandian air panas, tambang belerang yang begitu luasnya dan tempat lain yang mampu membuat kita terpesona, ya memang sejumput tanah surga jatuh ke tanah kawah ijen.
      Tak beda dengan gunung Bromo yang lebih dahulu dikenal oleh wisatawan asing, Kini Kawah Ijen pun dikenal para wisatawan asing, namun sangat disayangkan hal itu tidak dipergunakan dengan sebaik mungkin oleh Pemerintah Daerah Bondowoso.
     Daerah wisata yang mestinya dirawat, dijaga, dan diperhatikan keadaannya. Agar dapat lebih menarik wisatawan datang ke tempat itu. Akan tetapi, walhasil keadaannya harus terbengkalai tak terurus. Bahkan akhir-akhir ini terdengar isu santer tentang terbakarnya bebarapa kawasan hutan didalamnya, yang terhitung sekitar 20 hektar terbakar habis.
      Sejak itupun terjadi pro kontra terjadi, ada indikasi bahwa ada dalang dibalik pembakaran hutan tersebut. Saling tuduh dan saling menyalahkan, antara Badan yang mengurusi hutan di kawasan itu dan Pemerintah Kabupaten Bondowoso sendiri. Sikap yang tidak dewasa yang tak akan menemukan solusi terbaik.
      Seharusnyalah, orang –orang atas tersebut bersatu mencari siapa yang telah tega membakar daerah hutan tersebut, yang merupakan tameng alam agar tak berpotensi menjadi sumber bencana. Jikalau dibiarkan begitu saja, maka amukan bencana bergilir berdatangan, tanah longsor, dan apakah banjir yang menghempas Situbondo berturut-turut itu tidak dijadikan bahan renungan bersama, bahwasanya Bondowosolah yang di tuduh sebagai penanggung jawab utama dalam bencana itu.
      Paling tidak pemerintah daerah mengadakan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat di Bondowoso, khususnya warga yang bermukim di sekitar kawah ijen, bahwasanya adanya hutan dikawasan itu sangatlah sentral dan penting. Tak hanya untuk pribadi mereka yang bermukim disana tapi kemaslahatan bersama, jadi secara tidak langsung apa yang mereka lakukan nantinya, bermanfaat bagi sesama.
      Maka apa yang harus dilakukan? Segeralah, berbenah. Dan sadarlah bahwa alam harus dijaga agar kitapun akan terjaga dari murkanya yang sebenarnya kita sutradarai sendiri itu.
Mari bernostalgia! ingat lantunan syair penyanyi legendaris “Gombloh”

‘Lestari alamku, lestari desaku
Dimana Tuhanku menitipkan aku
Nyanyi bocah-bacah dikala purnama
Nyanyikan pujaan untuk nusa’


      Bukankah itu impian kita, tapi mengapa kita enggan menjaganya? Kita harus segera menjaga kelestariannya, jika tidak ingin semua musibah menimpa kita. Dimulai dari sekarang, nanti dan hingga esok anak cucu kita lahir, kita wariskan padanya, kelestarian alam ini dan upaya menjaganya. Selamatkan kawah ijenku!

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Recent Post

get this widget here